Langkah Tepat Saat Asma Kambuh Menurut SehatQ.com


Asma adalah salah satu penyakit yang menyangkut sistem pernapasan. Penyakit ini bisa disebabkan karena banyak faktor yang menjadi penyebab asma kambuh. Biasanya asma diakibatkan karena asap rokok dan alergi yang menyerang tubuh. Namun ternyata selain kedua penyebab asma kambuh tersebut, masih ada berbagai faktor kambuhnya asma.

Asma memang bukan menjadi penyakit yang aneh di kalangan masyarakat. Penyakit ini juga memang bisa kambuh karena faktor lingkungan, seperti udara dingin, asap rokok, polusi, dan masih banyak penyebab lainnya. Dengan mudahnya pengidap asma kambuh, dengan demikian Anda harus harus mengetahui berbagai hal tentang info penyakit yang satu ini.

Penyebab Asma yang Sering Menyerang Menurut SehatQ

SehatQ.com adalah salah satu situs yang menyediakan berbagai informasi penyakit, salah satunya tentang asma. Beberapa penyebab asma di bawah ini harus Anda ketahui agar bisa menghindari asma kambuh setiap hari. Yuk simak informasinya berikut ini.

  • Asap Rokok

Asap rokok memang memiliki banyak efek negatif tidak hanya bagi pengidap asam. Namun bagi Anda yang memiliki penyakit asma, alangkah lebih baik untuk menghindari asap rokok ini untuk mencegah kambuhnya penyakit. Selain menghindari asap rokok, pastikan Anda juga tidak merokok agar sistem pernapasan tidak semakin rusak.

  • Obesitas

Tahukah Anda bahwa obesitas bisa menjadi salah satu penyebab asma.Penyebab yang satu ini memang jarang diketahui, tetapi pada tahun 2014 lalu menunjukan bahwa asma lebih sering diderita oleh orang pengidap obesitas.

  • Alergi

Penyebab asma berikutnya adalah alergi. Pada tahun 2013 terdapat suatu penelitian yang menyebutkan bahwa sekitar 30-80% masyarakat yang memiliki asam disebabkan karena alergi.

  • Faktor Lingkungan

Lingkungan adalah faktor terbesar seseorang mengidap asma. Oleh karena itu, Anda harus menghindari lingkungan yang berdebu, berpolusi tinggi, udara yang dingin, dan beberapa bulu binatang yang bisa membuat asma kambuh.

  • Stress

Kesehatan mental juga ternyata sangat berperan penting bagi tumbuhnya penyakit asma dalam tubuh. Jika Anda mengidap stress dalam waktu yang lama, alangkah lebih baiknya langsung diobati karena bisa memunculkan penyakit asma.

Langkah Tepat Saat Asma Kambuh

Asma memang terkadang datang tiba-tiba, dengan demikian Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi asma kambuh tanpa obat berikut ini. Yuk simak informasinya.

  • Duduk Tegak

Saat gejala penyakit asma muncul, Anda harus segera menghentikan semua kegiatan dan langsung duduk dengan tegak. Dengan duduk tega, Anda akan bisa bernapas lebih lega dan mudah. Selain itu, Anda juga harus menghindari posisi bungkuk atau berbaring karena bisa menghambat saluran pernapasan dan akan semakin sulit mengendalikan asma.

  • Tarik Napas

Jika Anda mengalami asma secara tiba-tiba, usahakan sebisa mungkin menarik napas dengan baik sembari duduk tegak. Asma akan membuat tidak seimbangnya kadar oksigen dan juga karbondioksida dalam tubuh yang tentunya mengganggu aliran darah ke otak. 

  • Tetap Tenang

Langkah selanjutnya saat asma kambuh adalah tetap tenang. Usahakan untuk tidak panik dan tetap duduk tegak sembari menarik napas. Jika Anda panik, maka Anda tidak akan bisa mengobati asma dengan baik.

  • Hindari Penyebab Munculnya Asma

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya mengenai apa saja penyebab asma, Anda pun harus menghindari beberapa penyebab tersebut jika dirasa asma akan kambuh. Dan pastikan juga Anda mengetahui secara detail apa saja penyebab paling umum yang biasa menyerang Anda.

Nah itulah beberapa informasi mengenai asma. Dengan adanya informasi di atas, diharapkan bisa membantu Anda dalam mencegah kambuhnya asma. Bagaimana menurut Anda?

Belum ada Komentar untuk "Langkah Tepat Saat Asma Kambuh Menurut SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel